Download Link ( Microsoft Word 2003 ):
http://www.4shared.com/office/NTVHegXc/Kisi_Kisi_Biologi_UTS_1docx.html?
http://www.4shared.com/office/NTVHegXc/Kisi_Kisi_Biologi_UTS_1docx.html?
Kisi – Kisi UTS 1 Biologi
Ulangan Tengah Semester 1
1.
Menjelaskan
hakikat biologi sebagai ilmu
Biologi
berasal dari dua kata, yaitu ‘bios’ yang berarti hidup dan ‘logos’ yang berarti
ilmu. Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Biologi mempelajari
makhluk hidup dan segala aspek yang menyertainya, mulai dari proses biokimia di
dalam sel sampai pada tingkatan ekosistem, bahkan hingga ke prubahan iklik
global.
2.
Menjelaskan manfaat
biologi bagi manusia
a)
Membantu
dalam menemukan dan mengembangkan:
i.
Bahan
Makanan
ii.
Bahan
Pakaian
iii.
Bahan
Peralatan dan Perumahan
iv.
Energi
b)
Menemukan
penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia, hewan,
maupun tumbuhan.
c)
Menyikap
rahasia proses proses kehidupan, pewarisan sifat, dan pengendali proses
kehidupan ( gen )
d)
Mengkaji
dan melestarikan lingkungan untuk kelestarian kehidupan
3.
Mengidentifikasikan
cabang cabang biologi menurut object dan persoalan yang dibagi
a)
Sitologi : Sel
b)
Embriologi : Perkembangan embrio
c)
Histologi : Jaringan hewan
d)
Anatomi : Bagian bagian dari struktur
tubuh makhluk hidup
e)
Morfologi : Bentuk luar makhluk hidup
f)
Fisiologi : Faal ( kerja fungsi ) organ
tubuh
g)
Genetika : Hukum hokum pewarisan sifat
h)
Ekologi : Hubungan antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
i)
Zoologi : Hewan
j)
Botani : Tumbuhan
k)
Mikrobiologi : Mikroorganisme
l)
Mikologi : Jamur
m)
Paleontologi :
Fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi
n)
Evolusi : Perkembangan makhluk hidup
dari tingkat rendah ke tinggi
o)
Ornitologi : Burung
4.
Mendeskripsikan
object object atau persoalan biologi pada tingkat molekul, sel, jaringan,
organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
a)
Molekul : Dalam tingkat molekuler, atom-atom berikatan membentuk
molekul. Molekul-molekul tersebut akan menyusun organel-organel sel. Contohnya,
membran sel plasma yang tersusun atas molekul-molekul protein, fosfolipid,
kolesterol, air, karbohidrat, dan ion-ion lain. Adanya molekul tersebut,
memungkinkan membran plasma menjalankan fungsinya sebagai bagian luar sel yang
memisahkan sel dengan lingkungan sekitarnya.
b)
Sel : Setiap makhluk hidup tersusun atas sel. Ada makhluk
hidup yang tersusun atas satu sel (uniseluler), dan adapula makhluk hidup yang
tersusun atas banyak sel (multiseluler). Sel merupakan unit struktural dan
fungsional terkecil dari makhluk hidup. Setiap sel memiliki organel-organel
yang mampu menjalankan fungsinya untuk hidup. Organle sel tersebut diantaranya
ribosom, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, membran plasma, dan
vakuola. Seluruh aktivitas organel tersebut dikontrol oleh inti sel (nukleus).
c)
Jaringan : Jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk,
susunan, dan fungsi sama. Kumpulan sel tersebut bekerja sama membentuk dan
menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya. Kajian tentang jaringan
dipelajari dalam histologi. Pada makhluk hidup terdapat berbagai macam
jaringan, seperti jaringan saraf,
jaringan otot, dan jaringan ikat. Jaringan
saraf memiliki fungsi menyampaikan rangsang dari luar untuk diteruskan menuju
otak. Otak tersebut menanggapi rangsang melalui jaringan saraf untuk
meresponnya. Misalnya, saat memegang benda panas, kita akan merespons dengan
melepas benda panas tersebut.
d)
Organ : Organisasi kehidupan tingkat organ merupakan
organisasi hidup dari kumpulan jaringan. Organ merupakan kumpulan beberapa
jaringan yang berbeda untuk melakukan suatu pekerjaan yang sama. Suatu organ
memiliki tugas untuk menjalankan fungsinya. Organ terdiri atas beberapa
jaringan yang berbeda. Contoh organ adalah kulit, jantung, ginjal, dan mata.
Organ kulit tersebut oleh beberapa jaringan,
yaitu jaringan epitel, jaringan otot, jaringan darah, dan jaringan saraf.
Keseluruhan jaringan tersebut bekerja sama menjalankan peran dan fungsinya,
seperti melindungi tubuh dari berbagai faktor fisis dan menjadi pertahanan
tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit (patogen). Di dalam tubuh makhluk hidup, organ-organ yang berbeda
akan berkumpul membentuk suatu sistem yang disebut sistem organ. Kumpulan
organ-organ tersebut akan menjalankan fungsi dan tugas yang saling berkaitan.
Contoh sistem pada organ pada manusia, yaitu sistem pencernaan terdiri atas
organ mulut, lidah, gigi, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan
anus.
e)
Individu : Individu merupakan organisme yang tersusun oleh
kumpulan sistem organ. Kumpulan sistem organ tersebut membentuk individu.
Adanya berbagai sistem organ yang memiliki fungsi berbeda, membuat suatu
individu mampu melakukan fungsi hidupnya dengan baik. Contoh organisasi
kehidupan tingkat individu adalah seekor kucing, seekor ular, dan seorang
manusia.
f)
Populasi : Oeganisasi kehidupan tingkat populasi terbentuk oleh
spesies atau individu yang sejenis. Populasi sendiri merupakan kelompok yang
terdiri atas psesies sejenis atau sama dan mendiami suatu habitat. Habitat merupakan
tempat hidup suatu makhluk hidup. Di
dalam suatu populasi terjadi interaksi atau hubungan antar spesiesnya. Hal
tersebut dilakukan guna menjalankan fungsi hidupnya, misalnya berkembang biak,
melakukan perkawinan, dan untuk perlindungan satu sama lainnya. contoh
organisasi tingkat populasi adalah sekumpulan banteng. Dalam Biologi, dikenal
pembagian makhluk hidup menjadi beberapa kerajaan atau kingdom. Kingdom yang
dipelajari terdapat lima kelompok, yaitu kingdom Monera, kingdom Protista,
kingdom Fungsi, kingdom Animalia, dan kingdom Plantae. Setiap kingdom terdiri
atas populasi yang berbeda, misalnya kingdom Animalia memiliki populasi
banteng, populasi elang jawa, dan populasi harimau jawa.
g)
Ekosistem : Ekosistem merupakan beberapa macam populasi yang
berinteraksi dengan lingkungannya tempat mereka hidup baik dengan komponen
biotik maupun komponen abiotiknya. Di dalam ekosistem, organisasi kehidupan
berlangsung sangat kompleks. Antarpopulasi terdapat suatu hubungan simbiosis
serta siklus energi dan materi. Siklus energi ini terjadi melalui suatu
peristiwa makan dimakan yang membentuk sebuah rantai makanan. Bahkan terdapat
siklus energi yang lebih luas dan rumit dalam suatu jaring-jaring makanan.
Di dalam ekosistem, hubungan antara organisme
biotiknya tidak dapat terlepas dari faktor abiotiknya. Contohnya, hewan yang
memerlukan air untuk minum. Air merupakan salah satu komponen abiotik.
h)
Bioma : Bioma merupakan organisasi kehidupan yang cukup
beragam, khususnya jenis makhluk hidup di dalamnya. Bioma adalah satuan daerah
daratan yang luas di bumi bercirikan sejenis tumbuhan dominan di daerah
tersebut. Contohnya bioma gurun, bioma taiga, bioma hutan hujan tropis, dan
bioma tundra. Di dalam bioma, banyak
sekali jenis individu ataupun populasi yang terdapat di dalamya. Misalkan pada
bioma hutan hujan tropis yang didominasikan oleh tumbuhan tropis, terdapat
keaneragaman individu yang tinggi di dalamnya. Indonesia memiliki bioma hutan
hujan tropis, khususnya di pulau Sumatra dan Kalimantan.
5.
Mendefinisikan pengertian
metode ilmiah
Metode ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti
fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan
fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis
tersebut diuji dengan melakukan eksperimen.
Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis
tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
6.
Menyebutkan dan
menjelaskan langkah langkah metode ilmiah
a)
Formulating problem
Scientific
investigation is started when a question arises in regard to the natural world.
For example, we see two plants growing in two different places, one is in open
lighted space and the other is in shaded space. We may ask then why the growth
of first plant is better than the second.
b)
Make hypothesis
according to the problem given
Problems
which are formulated in the form of questions will raise proposed responses.
These responses are temporary answers or hypothesis toward the formulated
problems. A hypothesis is often based on previous knowledge and scientific
research. They can be obtained from books, journal articles, newspapers,
internet, or quotations. In this case, the hypothesis will be first plant grows
better in open space than the second plant in shaded place because sunshine
affects the rate of growth of first plant.
c)
Design an
experiment ( Include: determining tools and materials, variables, group of
treatment, and steps / method of experiment )
Hypothesis
needs to be tested or proven by performing an experiment. Before the actual
experiment, measures on the kinds of materials and tools to use and affecting
variables have to be determined. Before conducting an experiment, the tools and
materials have to be determined, besides, the limitations of resources,
including the available funds, have to be taken into account. The limitations
of resources will greatly affect the proposed experiment. The next step is
determining the variables of the experiment. Variables are the characteristics
of objects which can be measured quantitatively and may have changing values.
There are two kinds of variables in an experiment:
i.
Independent
Variable:
The
variable that is changed or manipulated by the subject of the experiment
ii.
Dependent
Variable:
The
variable that changes due to the experiment
d)
Make data
presentation
Membuat table
data untuk menunjukan hasil penelitian yang telah dilakukan, untuk
dipresentasikan. Atau dengan cara laporan:
i.
The
formulation of problems and hypothesis
ii.
Aim:
Why this experiment must be presented? What problems that must be answered? And
a hypothesis
iii.
Experiment
method
iv.
Result
v.
Discussion:
support or hypothesis
vi.
Conclusion:
Summary of the result and discussion of the experiment
e)
Drawing
conclusion
After
an experiment is done, conclusions can be drawn. A conclusion contains the
results of the experiment. It may or may not support the formulated hypothesis.
7.
Menjelelaskan
tujuan dan manfaat klasifikasi
i.
Tujuan :
·
Menyederhanakan
objek studi tentang makhluk hidup
·
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan oersamaan dan perbedaan ciri
·
Memberikan
nama makhluk hidup yang belum diketahui
·
Engetahui
hubungan kekerabatan makhluk hidup
·
Mempelajari
evolusi makhluk hidup atas dasar kekerabatan
ii.
Manfaat
:
·
Memudahkan
kita mempelajari organisme yang beraneka ragam
·
Klasifikasi
dapat digunakan untuk melihat hubungan kekerabatan antaa makhluk hidup yang
satu dengan yang lainnya
·
Mengenal
berbagai keanekaragaman hayati meliputi ciri ciri interaksi makhluk hidup
dengan lingkungannya
8.
Mejelaskan dasar – dasar
klasifikasi
§ Berdasarkan persamaan
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
persamaan antara makhluk hiup tersebut.
§ Berdasarkan perbedaan
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
persamaan dan kemudian dipisahkan lagi menjadi kelompok kelompok lain
§ Berdasarkan manfaat
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkna
manfaat dari makhluk hidup tersebut.
§ Berdasarkan ciri ciri morfologi dan anatomi
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan
morfologi (ciri makhluk hidup secara fisik) dan anatomi (ciri makhluk hidup
yang ada di dalam tubuh)
§ Berdasarkan ciri ciri biokimia
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan dari molekul, DNA, dan membran
sel yang dapat digunakan sebagai dasar pengelompokan.
9.
Menjelaskan macam – macam
klasifikasi makhluk hidup
a.
Sistem 2
kingdom :
-
Kingdon
Plantae : memiliki dinding
sel, berklorofil, dan berfotosintesis
-
Kingdom
Animalia : tidak berdinding sel,
tidak berklorofil, bergerak bebas
b.
Sistem 3
kingdom :
-
Kingdom
Protista : tersusun atas 1 /
banyak sel yang belum terdefinisi
-
Kingdom
Plantae
-
Kingdon
Animalia
c.
Sistem 4
kingdom :
-
Kingdom
Monera : memiliki inti tanpa
membrane (pokarion)
-
Kingdom
Plantae
-
Kingdom
Protista
-
Kingdon
Animalia
d.
Sistem 5
kingdom :
-
Kingdon
Fungi : Selnya eukariotik,
cara makan heterotroph, tidak
berklorofil, dinding sel dari zat kitin, hidup sebagai
parasit
/ saprofit
-
Kingdom
Plantae
-
Kingdom
Animalia
-
Kingdom Monera
-
Kingdom
Protista
e.
Sistem 6
kingdom :
-
Archae
bacteria : Prokariotik, berbeda dengan
bakteri dalam hal transkripsi
dan
translasi genetic
-
Eubacteria : Prokariotik bersel satu (bakteri)
-
Kingdon
Protista
-
Kingdom
Fungi
-
Kingdom
Plantae
-
Kingdom
Animalia
f.
Sistem
alami : oleh Aristoteles : berdasarkan habitat,
perilaku,
ukuran,
dan struktur
g.
Sistem
buatan : oleh Carolus Linnaeus : berdasarkan morfologi
h.
Sistem
Filogenetik : oleh Charles Darwin : berdasarkan ciri morfologi,
anatomi, fisiologi, dan perilaku.
10. Menjelaskan penulisan nama internasional / ilmiah spesies
Penulisan nama international / ilmiah suatu
spesies melalui metode Binomial Nomenclature, memiliki ketentuan :
1.
Terdiri
dari 2 kata
2.
Kata
pertama = Genus, kata kedua = spesies
3.
Ditulis
dalam bahasa latin / dilatinkan
4.
Dicetak
miring atau di garisbawahi
5.
Huruf
pertama dari kata pertama ditulis dengan huruf capital, huruf selanjutnya
ditulis dengan huruf kecil.
11. Menjelaskan cara penggunaan kunci determinasi
Kunci determinasi disusun berdasarkan ciri ciri
taksonomi yang berlawanan. Tiap langkah terdiri dari 2 alternatif ( 2 ciri yang
saling berlawanan )
Contoh :
1a. Memiliki tulang
belakang ..........
(ke no.2)
1b. Tidak bertulang
belakang ..........
(ke no.3)
2a. Bernapas dengan
insang ..........
Pisces
2b. Tidak bernapas
dengan insang ..........
(ke no.4)
dst.