Thursday, October 6, 2011

Kisi Kisi Ulangan Tengah Semester 1 Ekonomi

Download Link ( MicWord 2007 ): http://www.4shared.com/document/MLujXQnG/Economy.html
Download Link ( MicWord 2003 ): http://www.4shared.com/document/MvvplkVw/Economy_2003.html


Kisi Kisi Mid Test Ekonomi

1. Mendiskripsikan tahap-tahap penggunaan uang ( sejarah Uang )
1. Sejarah Uang
- Sebelum barter
Pada masyarakat primitive mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara mengambil dan memanfaatkan barang yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Masyarakat memproduksi barang hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
- Barter
Kemudian masyarakat berkembang menjadi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan orang lain (untuk dijual).
Selanjutnya, terjadilah perdagangan dengan cara tukar-menukar antara barang dengan barang lain yang dinamakan barter (pertukaran unnatura).

2. Barter
- Pertukaran barang dengan barang dapat terjadi di syarat-syarat dapat dipenuhi. Syarat-syarat itu sebagai berikut.
a.) Orang-orang yang akan melakukan pertukaran harus memiliki barang yang akan ditukarkan.
b.) Orang-orang yang akan melakukan pertukaran harus saling membutuhkan barang yang akan dipertukarkan tersebut pada waktu yang sama.
c.) Barang-barang yang akan dipertukarkan harus mempunyai nilai yang sama.

3. Uang barang
- Seiring dengan perkembangan peradaban manusi maka pertukaran dengan cara barter menjadi semakin sulit dilakukan. Bahkan, karena kebutuhan setiap orang semakin banyak dan beragam, maka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tidak mungkin lagi ditempuh dengan cara barter. Kemudian, manusia terdorong untuk mencari cara pertukarang yang lebih mudah. Manusia mulai menggunakan uang barang dalam melakukan pertukaran.
- Contoh uang barang benda-benda yang digunakan sebagai uang barang yaitu garam, senjata, dan kulit hewan. Pada umumnya benda-benda yang digunakan sebagai uang barang oleh masyarakat setempat memiliki sifat-sifat sebagai berikut.
a.) Digemari oleh masyarakat
b.) Jumlahnya terbatas
c.) Mempunyai nilai tinggi

2. Mendeskripsikan hak oktroi yang dimiliki oleh BI sebagai bank sentral
- Hak oktroi adalah hak untuk menciptakan uang.
Pada awalnya, yang menerbitkan uang adalah Pemerintah Republik Indonesia. Tetapi hak pemerintah untuk cetak dihapus, dan diberikan ke BI yang merupakan Bank Sentral.

3. Menunjukkan contoh fungsi uang
- Fungsi Asli:
• Alat tukar dan satuan hitung: menukar uang dengan barang
- Fungsi turunan:
• Alat pembayaran:
• Alat untuk menabung: Menabung di Bank
• Alat untuk pemindah kekayaan
• Alat penimbun/pembentuk kekayaan
• Alat pendorong kegiatan ekonomi


4. Mendeskripsikan keunggulan uang kertas
- Menggunakan bahan kertas terbuat dari serat kapas yang diproses secara khusus sehingga tidak memendar oleh sinar ultra violet.
- Nilai nominalnya lebih tinggi daripada nilai intrinsiknya, jadi lebih praktis untuk dibawa.

5. Mendeskripsikan tentang nilai uang
- Uang bernilai penuh ( full bodied money )
• Yaitu uang yang nilai bahannya ( nilai intrinsic ) sama dengan nilai nominalnya. Pada umumnya, uang yang bernilai penuh terbuat dari logam.
- Uang tidak bernilai penuh, (token money)
• Yaitu uang yang nilai bahaannya (nilai intrinsic) lebih rendah daripada nilai nominalnya. Pada umumnya, uang yang tidak bernilai penuh terbuat dari kertas.

6. Mendeskripsikan tentang motif memegang uang menurut J. M. Keynes
- Transaction motive ( memenuhi kebutuhan sehari-hari )
- Precautionary motive ( uang berlebihan, buat jaga-jaga kalau sakit, dkk )
- Speculative motive ( untuk investasi, beli saham, dollar, dkk )

7. Ditunjukkan grafik, siswa menunjukkan penyebab terjadinya inflasi
- Inflasi bisa disebabkan oleh meningkatnya konsumsi masyarakat
- Banyak mata uang yang beredar, menyebabkan kenaikan harga barang
- Ketidak lancaran distribusi barang

8. Mendeskripsikan tentang kurs dan menghitung kurs
- Kurs adalah harga suatu mata uang jika dibandingkan dengan mata uang lain.
- Cara menghitung kurs:
Ada kurs jual dan kurs beli
Kurs beli: kurs yang dibeli oleh bank / money changer
Kurs jual: kurs yang dijual oleh bank / money changer ke customer
Contoh:
Kurs jual: 7, 000
Kurs beli: 6, 500
- Aku mau mengirim Rp 100jt ke spore, brarti yang dipakai kursnya 7,000 krn bank jual ke aku
- Aku mau balik ke indo dan punya S$200, 000, brarti yang dipakai kursnya 6, 500 krn bank yang membeli dari kita.


9. Mendeskripsikan pengertian revaluasi, inflasi
- Revaluasi: Kenaikan harga barang
- Inflasi: Inflasi adalah kenaikan harga barang secara keseluruhan karena banyaknya mata uang yang beredar

10. Menunjukan contoh nama mata uang asing
- Australia: Dollar
- Amerika Serikat: Dollar
- Canada: Dollar
- India: Rupee
- Belgia: Franc
- China: Yuan
- Korea: Won
- Malaysia: Ringgit
- Mexico: Peso
- Thailand: Baht

11. Ditunjukkan table, siswa mengidentifikasi kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi deflasi
- Memotong pajak, dan meningkatkan belanjanya sendiri ( menggairahkan perekonomian)
- Menidngkatkan peredaran uang di masyarakat, membeli surat hutang dan menukarkan ke uang tunai.
- Memotong bunga
- Dkk.

12. Menjelaskan tentang macam-macam kebijakan monter:
- Kebijakan moneter adalah proses mengatur persedian uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu; seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuh atau lebih sejahtera.
- Contohnya seperti:
o Open market policy: jual beli Sertifikat Bank Indonesia (surat berharga)
 Menjual SBI: mengurangi inflasi ( masyarakat membeli )
 Membeli SBI: mengurangi deflasi
o Discount rate policy: menaik / turun tingkat suku bunga bank
 Menaikan tingkat suku bunga: inflasi ( biar nabung, tidak belanja )
 Menurunkan tingkat suku bunga: deflasi
o Cash ratio: cadangan uang tidak dikasih ke masyarakat ( cadangan minimal )
 Misalnya bank memiliki uang total 50M yang ditabung oleh si A, terus seluruh uangnya dipinjamkan, jika si A mau menarik kembali uang yang telah ditabung, tidak ada dana yang bisa dikembalikan (kyk bank century)
 Kalau inflasi: dinaikan tingkat cash rationya
 Kalau deflasi: diturunkan tingkat cash rationya ( biar pemerintah bisa kasih orang pinjaman )
o Moral persuasion: “bank jangan kasih kredit tinggi-tinggi”, pemerintah ngomong untuk masyarakatnyaa.
 Dilakukan untuk menaikan jumlah uang yang beredar di masyarakat.
13. Ditunjukkan tabel, siswa mengidentifikasi tugas dri bank
- Identifikasikan

14. Mendeskripsikan kegiatan dri BPR
- Minjemin duit utk pengusaha sedang n bawah
- Kasih tabungan

15. Menunjukkan contoh bank BUMN
- Mandiri
- Bni 46
- BRI

16. Menunjukkan contoh produk dan jasa perbankan
- Asuransi
- Tabungan
- Kredit
- Deposito

17. Mendeskripsikan jenis bank menurut kemampuan dalam mencetak uang
- Bank sentral ( bank indonesia)
- Di luar negeri, lain lagi

18. Menyimpulkan manfaat menabung bagi siswa
- Blajar nabung buat masa dpan
- Bantuin ortu klo kita mw bli barang
- Biasain nabung



19. Membandingkan tugas pokok dari bank umum, BI, BPR
- Bank umum
o Kasih kredit
o Bkin tabungan
o Ikutin printahnya si bank sentral
- Bi
o Cetak uang
o Cek bank" umum
o Mempertahankan nilai uang melalui cash ratio ama bunga"an itu tuhh
- Bpr
o Kasih kredit
o Terima tabungan

20. Menunjukkan contoh LKBB
- Asuransi
- Pegadaian
- Koperasi

21. Menganalisa LKBB yang plg dibutuhkan masyarakat
- Asuransi untuk menjamin biaya perawatan dkk
- Pegadaian untuk gadaiin emas biar bisa cari uang
- Rentenir (klo emg ad) untuk pinjem duit

1 comment:


  1. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete